Tips Menjaga agar Mata Sehat

Tips Menjaga agar Mata Sehat – Apakah Anda mencari cara untuk menjaga kesehatan mata? Mereka mengatakan mata adalah jendela jiwa Anda dan mereka juga merupakan salah satu indera utama dan penting yang diperlukan untuk kualitas hidup.

Mengetahui cara menjaga Kesehatan Mata tidak hanya akan membantu menjaga penglihatan yang lebih baik tetapi juga menjauhkan mata Anda dari kondisi mata yang serius. Kami daftar sembilan tips penting untuk menjaga kesehatan mata.

Cara Menjaga Mata Sehat | Ikuti Tips Mudah Ini

Makanlah Makanan yang Tepat

Mengonsumsi makanan yang kaya nutrisi seperti lutein, asam lemak omega-3, seng, dan vitamin C dan E pasti akan meningkatkan kesehatan mata. Selain itu, nutrisi ini akan menjauhkan masalah kesehatan terkait usia seperti degenerasi makula dan katarak. Makanan yang direkomendasikan untuk kesehatan mata termasuk sayuran berdaun hijau, telur, jeruk dan beri, almond, dan wortel.

Berhenti Merokok

Merokok mungkin bukan efek samping yang diketahui banyak orang, tetapi itu mempengaruhi kesehatan mata seseorang. Pikirkan saja bahan kimia berbahaya yang Anda perkenalkan pada tubuh dari merokok.

Dengan menghentikan kebiasaan itu, Anda mengurangi risiko terkena katarak, degenerasi makula, mata kering, dan bahkan retinopati diabetik. Retinopati diabetes adalah komplikasi yang timbul dari diabetes, yang akan menyebabkan masalah penglihatan.

Baca Juga :10 Tips Menjaga Mata Tetap Sehat dan Mencegahnya dari Kebutaan

Kenakan Kacamata Hitam dengan Perlindungan UV

Tahukah Anda bahwa sinar UVA dan UVB (ultraviolet) dapat menyebabkan kerusakan serius pada mata Anda? Anggap saja sebagai sinar panas tak terlihat yang akan diserap mata Anda, terutama selama hari-hari musim panas.

Paparan terus menerus akan menyebabkan kanker kulit pada kelopak mata, katarak, dan pterygium, atau pertumbuhan abnormal pada bagian putih mata Anda. Untuk melindungi mata Anda, pilih kacamata hitam yang menghalangi 99-100% dari sinar UVA dan UVB.

Kenakan Kacamata Pelindung

Perhatikan bagaimana atlet dalam olahraga berisiko tinggi atau karyawan di tempat kerja atau pekerjaan berbahaya memakai kacamata pelindung? Itu bukan karena mode. Olahraga berisiko tinggi seperti hoki es dan lapangan, olahraga raket, lacrosse, dan baseball membuat atlet berisiko mengalami cedera mata, terutama saat kontak terlibat.

Orang yang berurusan dengan alat, bahan kimia, dan potongan logam dan kaca mungkin mengalami kecelakaan kerja yang dapat membahayakan mata juga.

Jangan Tidur dalam Kontak

Mungkin tergoda untuk tidur dengan mereka, terutama pada malam-malam itu Anda tidak perlu repot menyegarkan. Namun, membiarkan kontak Anda, terutama dengan mata tertutup, dapat menyebabkan infeksi mata. Terlebih lagi, infeksi mata akibat penggunaan lensa kontak yang tidak tepat dapat menyebabkan kebutaan.

Solusi Kontak Baru

Penting bagi Anda untuk memperhatikan tanggal kedaluwarsa dan bahan-bahan utama dari solusi kontak Anda. Ini berlaku sama untuk menghubungi solusi yang telah digunakan kembali. Gunakan hanya solusi yang direkomendasikan untuk Anda.

Periksa tanggal kedaluwarsa, label untuk menentukan apakah ada alergen yang potensial, dan hapus solusi yang tersisa dari kasing Anda setelah mengenakan lensa Anda. Akhirnya, selalu simpan lensa Anda dalam wadah bersih dengan solusi segar. Dengan cara ini, Anda mengurangi kemungkinan mata Anda terkena infeksi yang tidak perlu.

Sisa Elektronik

Adopsi aturan 20/20/20 untuk menghindari ketegangan mata digital. Untuk melindungi Kesehatan Mata Anda dari Computer Eye Syndrome, istirahatlah dari komputer, laptop, dan bahkan ponsel Anda setiap 20 menit. Istirahatkan mata Anda dengan melihat sesuatu sepanjang 20 kaki selama 20 detik. Melihat sesuatu yang jauh berwarna hijau juga dapat membantu sedikit merilekskan mata Anda.

Baca Juga :Manfaat Makan Pepaya yang Bagus untuk Kesehatan Anda