Kebiasaan Buruk Saat Berdiri Picu Gangguan Kesehatan

Kebiasaan Buruk Saat Berdiri Picu Gangguan Kesehatan – Kemungkinannya adalah Anda melakukan banyak hal untuk menyabot postur tubuh Anda selama hari-hari biasa: membaca buku yang bagus dengan kepala tertunduk, duduk di depan komputer, atau menggulir telepon Anda.

Kegiatan seperti ini bisa membuat tubuh Anda terbiasa membungkuk atau membungkuk. Seiring waktu, ini dapat menyebabkan perubahan fisik yang membuatnya lebih sulit untuk berdiri tegak dan menyebabkan lengkungan di punggung bagian atas Anda, yang oleh dokter disebut sebagai kyphosis.

Walaupun ada penyebab medis kyphosis – seperti radang sendi, patah tulang karena osteoporosis di tulang belakang, cakram yang memburuk, atau cedera – beberapa kasus kyphosis dapat disebabkan oleh postur kronis yang buruk selama bertahun-tahun. Ini menyebabkan otot menjadi terlalu kaku dan terlalu lemah untuk menopang tubuh bagian atas dengan benar. Apakah Anda memperhatikan Anda sudah mulai membungkuk atau hanya ingin mencegah masalah di masa depan, olahraga dan kebiasaan gaya hidup yang lebih baik dapat membantu, kata Dr. Beth Frates, asisten klinis profesor kedokteran fisik dan rehabilitasi di Harvard Medical School.

Dia berkata, Ini akan membutuhkan keterlibatan aktif, olahraga, dan latihan kekuatan untuk memperbaiki postur tubuh dan tetap tegak.

Mengapa peduli postur?

Postur yang buruk tidak hanya memengaruhi penampilan Anda saat berdiri atau duduk. Ini dapat mengurangi kekuatan Anda, mengganggu keseimbangan Anda, dan berpotensi menyebabkan masalah fisik lainnya seiring waktu.

Masalah postur tubuh bisa dimulai sejak dini. Penelitian menunjukkan bahwa bahkan remaja pun terpengaruh, kata Dr. Frates. Pada saat orang mencapai usia paruh baya, mereka mungkin telah melihat perubahan pada postur tubuh mereka atau sebagai akibatnya mengalami nyeri kronis.

Dr Frates, ketika penyelarasan Anda tidak aktif, itu berdampak pada seluruh tubuh Anda.

Baca Juga: Manfaat Kesehatan dan Kebugaran Bintang Adas!

Anggap saja sebagai reaksi berantai: postur yang buruk menarik bagian tubuh Anda keluar dari barisan, menyebabkan nyeri otot dan masalah lainnya. Ini mirip dengan apa yang mungkin terjadi, misalnya, jika Anda menyukai lutut yang sakit. Ini tidak hanya mempengaruhi lutut Anda, tetapi seringkali pinggul dan punggung Anda, yang sekarang tidak selaras.

Kunci untuk postur yang baik

Memegang diri Anda tegak membutuhkan fleksibilitas dan kekuatan, khususnya kekuatan pada sekelompok otot dan tendon yang membentang sepanjang tulang belakang, yang dikenal sebagai erector spinae. Otot-otot ini mengapit tulang belakang Anda, membantu menjaga posisinya. Mereka bekerja bersama dengan otot inti lainnya dan otot tubuh bagian atas untuk menahan tubuh Anda dalam garis lurus.

Baca Juga: 10+ Website Untuk Download Ebook Gratis

Baca Juga: Download Template PPT Gratis di 10 Website Ini

Baca Juga: KlikBCA: Yuk Kenalan dengan 10 Fitur KlikBCA Internet Banking dari iBank BCA

Baca Juga: Kode Bank: Daftar Kode Bank Indonesia, Lengkap!

Jika Anda menderita kyphosis, sebaiknya Anda mengunjungi dokter untuk mengesampingkan kondisi medis yang mendasarinya. Tetapi kabar baiknya adalah Anda dapat memperkuat otot dan memperbaiki postur tubuh Anda, bahkan jika itu sudah mulai melorot.

Sebuah studi tahun 2017 di Osteoporosis International menemukan bahwa orang yang berpartisipasi dalam program enam bulan yang mencakup pelatihan postur dan latihan yang dirancang untuk memperkuat tulang belakang mampu mengurangi kyphosis, dibandingkan dengan orang yang tidak mengikuti program.

Ini menunjukkan, kata penulis penelitian, bahwa program latihan bertarget yang bertujuan memperbaiki postur tubuh bisa efektif dalam merawat orang dewasa yang lebih tua dengan kelengkungan punggung atas ini. Demikian pula, analisis yang diterbitkan 29 April 2019, di PLOS One juga menemukan bahwa olahraga mampu meningkatkan kyphosis punggung atas. Para peneliti menyimpulkan bahwa penguatan tampaknya lebih efektif daripada peregangan saja dalam meningkatkan kyphosis.

Memilih latihan peningkatan postur

Yoga dan tai chi adalah dua cara hebat untuk memperbaiki postur tubuh, kata Dr. Frates. Keduanya menggabungkan kekuatan dan fleksibilitas. Yoga berfokus pada peregangan dan pose yang lembut. Tai chi suatu bentuk latihan pikiran tubuh yang kadang-kadang digambarkan sebagai “meditasi dalam gerakan” – menggunakan gerakan-gerakan yang lambat, mengalir, dan koreografi.

Baca Juga: Panduan Mudah Membuat Hidup Sehat dan Seimbang

Latihan yang menargetkan tubuh bagian atas, lengan, punggung, dan perut cenderung menguntungkan postur Anda dengan memperkuat otot-otot yang membantu menahan Anda ereksi.

Jika postur Anda sudah menjadi masalah, Anda mungkin juga mempertimbangkan untuk bekerja dengan ahli terapi fisik untuk meningkatkan kekuatan dan fleksibilitas Anda, kata Dr. Frates.

Selain melakukan latihan untuk memperkuat otot dan meningkatkan kelenturan, sadari juga postur Anda, dan tarik diri Anda tegak setiap kali Anda menyadari bahwa Anda mulai membungkuk. Anda bahkan dapat membeli perangkat yang dapat dikenakan yang akan mengingatkan Anda ketika tubuh bagian atas Anda mulai membungkuk ke depan.

Dr Frates menambahkan, bahkan ketika Anda duduk dan makan, pikirkan postur tubuh Anda, Anda ingin kepala Anda ke atas dan mata Anda menatap orang.